Kontroversi Agama Barack Obama (Milis Mediacare)

23 01 2008

berikut tanggapan dari saya ttg masalah ini :

menyikapi masalah obama dan agamanya sama saja menyikapi masalah calon2x presiden di indonesia, kita boleh saja mengatakan bahwa pemerintahan di Amerika sekuler dan indonesia tidak tetapi jika pemilihan presiden dilaksanakan secara langsung dipilih oleh rakyat maka sikap pemilih yang paling penting apakah pemilih sekuler lebih banyak dari pada pemilih non sekuler. Dan yang terjadi di amerika adalah pemilih ternyata tidak bersikap sekuler sehingga obama harus melakukan strategi menjadi kristen, sementara lawan politiknya memainkan strategi bahwa obama adalah seorang non kristen. Sama saja dengan yang terjadi di Indonesia ketika Megawati Soekarnoputri diserang ke-Islamannya oleh para lawan politiknya.

berikut e-mail2x yang tentang masalah ini :

—– Original Message —-
From: iwan <active272002@yahoo.com>
To: mediacare@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, January 23, 2008 10:20:48 AM
Subject: [mediacare] Re: Barack Obama Tegaskan Bukan Muslim

Info anda aneh sekali,

Menurut Detik.com, obama malah bangga pernah tinggal di Indonesia.
Inilah yang jadi nilai jual obama berhadapan dng Hillary. Karena
Obama yakin pengalamannya pernah tinggal di Indonesia, membuat dia
lebih mengerti tentang kemiskinan dan budaya korupsi yang
mempengaruhi kehidupan rakyat. Hal ini tidak dimiliki Hillary.
Membuat dia lebih mengerti dan gaul dengan berbagai kalangan.
Silahkan dilihat lagi arsip berita di detik.com. Saya bukan
pendukung Obama. Menurut saya siapa pun presiden AS, tidak akan
bisa merubah gaya pengambilan keputusan politik luarnegri nya, yang
menghisap kekayaan alam negara berkembang untuk kepentingan AS.

Ttg ba’asyir, anda justru lebih ngawur. silahkan Baca majalah Gatra,
dan anda akan dapatkan info bahwa, ba’asyir di kelompok nya adalah
salah satu penentang Soeharto yang paling keras. Karena Ba’asyir
selama hidup menolak Asas tunggal yang di tetapkan Soeharto di masa
lalu secara represif, dan dilaksanakan oleh operator lapangan
menjadi, tidak boleh ada orang yang terlalu ngislam di Indonesia.
Karena pemikirannya ini, Ba’asyir terus di buru oleh Intel2
Soeharto, sampai2 Ba’asyir harus lari ke Malaysia dan jadi guru
ngaji di sana. Reformasi 98 yang menjatuhkan Soeharto yang bisa
membuat Ba’asyir tenang dan kembali ke Indonesia (bukan di usir oleh
Malaysia). Kesalahan Ba’asyir yang terbukti, sehingga harus
menjalani hukuman penjara adalah : memiliki KTP ganda. Semua
tuduhan lainnya tidak terbukti di pengadilan. Saya bukan pendukung
Ba’asyir hanya pengamat yang lumayan suka baca. Di beberapa sisi
saya juga tidak setuju dng langkah Ba’asyir, tapi itu tidak membuat
saya antipati dan membuat fitnah.

Semoga anda mau lebih banyak baca, sebelum berkomentar.

WN

— In mediacare@yahoogrou ps.com, “marthajan04” <marthajan04@ …>
wrote:
>
> yang rasa2nya pasti, si obama ini merasa sial pernah hidup di
> Indonesia dimana teroris ngislam banyak dipiara. contoh abu bakar
> basyir. di-usir2 dinegaranya Malaysia kok ya diterima bahkan jadi
> ulama nomor wahid di Indonesia.
> Mangkane, jangan marah2 kalo Indo di-hina2 sama malay wong barang
> dibuang disana, dipungut sama wong indo (abb).
>
> mj
>
>
>
>
> — In mediacare@yahoogrou ps.com, “holyuncle” <holyuncle@> wrote:
> >
> > ***Bila agama dan administrasi pisah, Obama tidak perlu tegaskan
> > bukan Muslim.
> >
> > ***Sebaliknya, bila capres dan cawapres di RI tegaskan bukan
> > Muslim, apa akan terjadi ?
> >
> > ***Sekularisme cuma nama di bibir….
> >
> >
> > Barack Obama Tegaskan Bukan Muslim
> > Selasa, 22/01/2008
> >
> > COLUMBIA (SINDO) ¨C Barack Obama tengah berupaya meluruskan
> persepsi
> > keliru yang berkembang di masyarakat yang menyatakan dirinya
> seorang
> > muslim.
> >
> > Pelurusan persepsi ini dilakukan sebagai langkah awal Obama
membuka
> > kampanye di negara bagian South Carolina. Di sana dan negara-
negara
> > bagian di wilayah selatan Amerika Serikat lainnya, isu agama
> menjadi
> > faktor cukup signifikan. Menjelang primary South Carolina yang
akan
> > dilangsungkan Sabtu (26/1) mendatang, Obama mencoba meluruskan
> > serangan yang banyak beredar di internet.
> >
> > Banyak email yang beredar dengan isi mengarah pada prasangka
buruk
> > terhadap muslim dan kekhawatiran soal terorisme. ¡±Saya selama
ini
> > pergi ke gereja Kristen yang sama hampir 20 tahun belakangan.
> Ketika
> > disumpah di Senat AS, saya disumpah menggunakan Injil dan di
> hadapan
> > bendera AS. Jadi jika Anda mendapat email yang isinya keliru,
kirim
> > kembali ke siapa pun yang mengirimnya,¡± katanya.
> >
> > Obama merujuk pada email berantai yang beredar luas di internet
> > bahwa dia menyembunyikan akar identitasnya sebagai muslim dan
bisa
> > jadi seorang ¡±teroris tersamar¡±. Di email itu juga disebutkan,
> > Obama disumpah di Senat AS dengan Alquran dan membelakangi
bendera
> > AS. Ada beberapa kebenaran dalam email berantai tersebut. Nama
> > tengah Obama memang benar Hussein, ayah kandungnya asal Kenya,
dan
> > ayah tirinya asal Indoensia; keduanya pemeluk Islam.
> >
> > Obama juga pernah tinggal selama beberapa tahun di Indonesia di
> masa
> > kecilnya dan duduk di bangku sekolah umum dan Katolik, bukan
> > madrasah. Selama setahun ini, juru kampanye Obama berusaha keras
> > menangkis rumor keliru tersebut. Tim sukses Obama menyangkal
> laporan
> > berita bahwa Obama dididik di sebuah madrasah muslim dan ada
bagian
> > di situs kampanye Obama yang ditujukan untuk meluruskan berita
> > keliru itu. Sekarang ini, juru kampanye Obama terus
menggencarkan
> > pelurusan persepsi keliru tersebut.
> >
> > Pasalnya, proses pemilihan calon presiden bergerak ke arah
wilayah
> > selatan AS di mana agama begitu penting bagi pemilih. Obama
> > mengatakan, dia akan berjuang lebih keras melawan pembelokan-
> > pembelokan karakter mengenai dirinya. Dia mengaku tengah menjadi
> > sasaran dari rival satu partainya, Hillary Rodham Clinton dan
> > suaminya, mantan Presiden Bill Clinton. ¡±Ketika saya melihat
> > Senator Clinton, Presiden Clinton membelokkan kata-kata saya,
itu
> > bukan cara berdebat, itu bukan cara membantu rakyat AS,¡± ujar
> Obama
> > dalam kampanyenya di Columbia Convention Center, South Carolina.
> >
> > Sementara di kubu Hillary, juru kampanyenya mengindikasikan
bahwa
> > mereka akan terus menyoroti catatan latar belakang Obama yang
tidak
> > konsisten. Di South Carolina, kubu Hillary berusaha menggalang
> > dukungan dari pemilih kulit hitam. Di sini, separuh pemilih
> Demokrat
> > adalah pemilih kulit hitam (African-American) . Obama diyakini
akan
> > mendapat banyak dukungan di sini.
> >
> > Bagi Obama yang baru mengantongi satu kemenangan di Iowa,
> kemenangan
> > di South Carolina merupakan sesuatu yang harus dicapai guna
> > mengimbangi keunggulan Hillary.
> >
> > Mantan ibu negara itu sejauh ini berhasil memenangi dua
pemilihan
> > penting di New Hampshire dan Nevada. Berdasarkan survei Mason
> Dixon,
> > Obama mendapat dukungan 56% dari pemilih Demokrat kulit hitam,
> > sedangkan Hillary 25% dan John Edwards hanya 2%. Di antara
pemilih
> > kulit putih, Hillary memperoleh dukungan 39% suara, Edwards 28%,
> dan
> > Obama 20%. (AFP/AP/tri subhki r)
> >
> > http://www.seputar- indonesia. com/edisicetak/ berita-utama/ barack-
> > obama-tegaskan- bukan-muslim. html


Actions

Information

37 responses

12 03 2008
anne

Thanks, nice info

ingin menambahkan, barack obama memang pernah menjadi muslim dan ini digunakan lawan politiknya yang membuat rumor bahwa obama seorang muslim untuk menjatuhkannya

10 06 2008
Christian lover

Syukur deh, gw kira si obamma islam

12 07 2008
cathY

bukan muslim yaaach….?????
sayang banget….

17 07 2008
moslem tulen

kehidupan muslim yang hakiki masih melekat di hati sang obama

16 08 2008
doni

yach gw kira obama muslim…tapi ngak papa, jiwa seorang muslim masih melekat pada dirinya….dari pada si bush yang katanya penganut taat kerjaanya malah kayak gitu…bulshit deh lo bush

4 09 2008
jihad

tdk ada yg sulit bagi Allah utk mberi hidayah seorang Obama…!

18 09 2008
ririnn

sok tau semua ni…heran gw ma org indonesia…sama agama ma obama aja bangga.. ckc kc kck

23 09 2008
jesus loverr

untunglah……..
Diskriminasi warga kristen di Indonesia memang perlu juga berlaku bagi warga muslim di Amerika….
itulah sebabnya kenapa obama malu menyandang nama muslim….
sama seperti di indonesia ketika seseorang ingin menjabat harus pindah agama dulu ke islam karena malu menyandang kristen……

26 09 2008
gimblot

@jesus loverr

tidak perlu adanya saling balas, sikap pemerintah indonesia tidak ada kaitannya dengan sikap pemerintah US. Semua melakukan apa yg menjadi aspirasi dari konstituennya masing2x.

26 09 2008
gimblot

@ririn

yg menjadi pokok bahasan bukan lah agama tp cara2x berpolitik, bagaimana meraih simpati pemilih.

9 10 2008
ness

gw mala perna denger katanya Obama bisa ngaji ?? bingung deh gw . tapii gw ttep dukung Obama . hihi🙂

9 10 2008
Amar gandhi

Bull shit with the president of america!! Bush is the king of satan! He’s the most wanted criminal war for next year i sure about that!

10 10 2008
ignas

yang penting bukan agamanya…( walaupun bersyukur obama bkan islam)
tapi cara pandangnya kepada setiap agama…
dan caranya berpolitik untuk membuat dunia menjadi lebih baik….

10 10 2008
ignas

yang penting bukan agama (walaupun bersyukur agamanya bkn islam)
tapi cara pandangnya kepada setiap agama…
dan cara berpolitiknya yang menentukan nasib dunia..
kan amerika negara adikuasa…

12 10 2008
Asiklah

Agama itu kan keyakinan dan tanggung jawab masing-masing, nggak usah dipersoalkan, apalagi saling menjelekkan, mau dibawa ke mana negeri kita ini kalau sikap kita seperti ini, nggak bakal bisa maju, dewasalah……

14 10 2008
gimblot

setuju dengan sdr asiklah

27 10 2008
jundullah

namanya kan uda jelas bgt tuh……… barack hussein obama, gmn sih kalian?

tapi itu negara sekuler………… n jelas saat menjadi anggota parlemen pertama muslim di USA, Obama disumpah memakai kitab suci AL-QURAN…….. GIMANA TUH…….?

28 10 2008
adam

Man tasabbaha fahua minhum……………
siapa saja yang menyerupai dan bertingkah laku seperti dia maka dia adalah SAMA

30 10 2008
visya

huhuhu.. Kenapa seh agama diperdebatkan, mank salah agma tuh apa,, heran gw cara berpikir orang ind0nesia. Pada so suci semua! Mending kt bersatu, membngun ind0nesia tercinta. Iyahkan?
Bersatu kt teguh bercrai kt runtuh, hihi

31 10 2008
gimblot

sekali lagi yg diulas sebetulnya bukan agama tp tindakan politik atau cara2x berpolitik, pastinya yg menyerang agama Barrack Obama bukan dgn tujuan agama tapi hanyalah bertujuan politik. Pembaca yang berasal memandang atau menanggapi hal ini sbg masalah agama pastilah tidak bisa membedakan tindakan politik dan tindakan agama. Spt pernyataan Buya Ahmad Syafii Maarif “politik itu mengejar pahala yg dekat (dunia) sementara agama mengejar pahala yg jauh (akhirat)”

1 11 2008
h3nny

halah… payah.. agama aja diributin, kata g seh islam ampir sama kayak kristen cuman beda aj cara pengajarannya.. apapun itu, yg pentink obama percaya kpd Tuhan.. Tapi Indonesia juga sama, rada rasis dikit ma agama kristen.. jarank seh yg kristen jdi politikus gtoh. tpi ada juga kyk mentri perdagangan mari elka pangestu+kwik kian gie..
POKOKNYA JANGAN SALING MENGHINA…
HIDUP DI DUNIA ITU DAMAI DOUNK!!PERANK MLULU KERJANYA,NTAH PERANK GA JELAZ!!HABIZIN DUIT MENDINK MIKIRIN ORG DI SKTAR QTA…
=(^PEACE^)=

5 11 2008
Muhammad Generation

Kitakan mengakui ketuhanan yang Maha Esa. jadi Tuhan untuk orang yang percaya ma Tuhan adalah Allah yang menciptakan kita.
pastikan kita selalu di jalan Allah walaupun kita beda agama.
Kita hidup di atas bumi yang sama, di bawah matahari yang sama, kenapa kita ga bisa hidup bersatu.

5 11 2008
sanji

woi jesus lover !!!..
kaLo ngomong jgn smbrangan.!!

kRisten d diskriminasi krn saLah mereka ndiri..siaPa suruh kaum Lo ngganggu” isLam..

Lo pikir kami para musLim gtw dg misi penginjiLan kaLiaN !!!
mdah”an kLian smua dpt hidayah dr ALLAH S.W.T..

6 11 2008
hw

orang islam pindah agama jadi?
kata adeknya presiden amrik yang baru
pokoknya indonesia jangan kegatelan gitu deh
indonesia lebih kaya dari adidaayaaaa
yang penting
“Bersama Kita Bisa”
wasalam

6 11 2008
fahmi smkn1 takengon

kalaw obama seorang muslim pasti pasti rakyat muslim ngak menderita seperti saat ini!

6 11 2008
gimblot

saya kira polemik ttg agama tidak usah diteruskan apalagi obama telah terpilih jadi presiden US bukan presiden Indonesia, apa yg telah terjadi di US sana semoga bisa menjadi pelajaran bagi kita dlm menghadapi tahun pemilu 2009, apakah anda memilih berdasarkan ideologi politik atau agama atau rasial mudah2xan semua didasari niat utk memajukan negara Indonesia tercinta.

7 11 2008
apPLe LuVeR

udh doNk,,jngn pd RibUt,,toH ObAma MENang tTp aj rKyt INDoNesia sengsaRa.yG trPnting QTA doain aJ mOga PmimpN d’negeri Qta iNi dpt mNjLnkn amaNahna..

16 11 2008
intan

duwh aku kira obama muslim,,

padahal uda bangga bgt orang muslim bisa bkuasa di negara kya amerika gtu tp gapapa aku tetyep dukung obama .

15 12 2008
aldo777

semua…..

haha… udlha… gw s7 bgt ma org2 dri smwa agama ngbahas ini,n wlopun gw gx ykin n gtw pasti agamanya…

1 hal,yg perlu qta smwa inget…
agama thu yg pling resmi diunia ada 5 n tyap agama thu,punya ajaran yg bebeda2…wlopun bebrapa ada yg mirip2 dkit…..

whatever lha^^, asal qta mw sling tolerir sama smwa agama kn??

ada yg pernah lyat iklan dstv??
(yg ilustrasinya kyk ngasih liat 5anak pemeluk agama yg berbda tpi bersatu dlm sebuah tim^^,)
itu baru cerminan indonesia kedepan yg solid^^, ok semua^^,

jgn debatin agama dh^^,

qta berdebat,yg kafir n agama sesat laennya pasti pada bahagia^^,
yha kan??pokoknya,qta doain smwa pepimpin dunia br gx kepengaruh ajaran2 sesat n mw menoleransi smwa agama untuk bersama memulihkan kembali dumia ini right^^,

n gw berharap bgt… yha… indonesia kedepannya…
dalam berhubungan jgn lihat SARA nya dulu yha^^,
GBU all n salam damai bwt smwa^^,

15 12 2008
aldo777

ow iy, bwt JESUS LOVER… jgn ngarepin aneh2 lha… gx bae…
n bwt SANJI,atas nama smwa agama yg saya yakinni sebagi agama yg bae…
saya minta map….. bgt,qlo2… omongan… slah 1 dri agama manapun yg sengaja/gx sengaja menyinggung agama yg saudara peluk.

n 4 all………………………….. gw mohon bgt
pokoknya… apapun yg terjadi^^,
kita lebih baik bersatu n gx saling mencela agama lain^^, yha^^,

10 01 2009
cool

jangn DeCh NgrbtN ObaMa Pikirin Prut Org IndonEsIa BiSax CM mBhas UruRsn ORG laen Dasar

10 01 2009
cool

jangan slinG mEnyelA Dong Semua agama sama – SaMa Berdoa Dan UJunGx Juga Sorga Kenapa sich Musti Diributin Ga Lg APa PembahaSN
Urusin AJa Negara MU America Ya urusan DIa Kalian DIksh brapa sih Ngomongin Dia Pada

11 01 2009
Kangwid elo

Asalamu alaikum.Memang gak penting obama agama nya apa yang penting bisa bersikap bijak pada smua negara dan agama .jadi kalo di dunia ini ada perang besaaaaar yang bertanggung jawab atau yg banyak dosa nya 2agama islam n kristen ,krn 2agama ini yg paling banyak umat nya gak bisa buat dunia damai .wassalamu alaikum wr wb

20 01 2009
Maria

Wah,, rame jg ni ngebhs religiny obama..Sbenarny, ngebahas seorg Public Figure itu sah2 aj,bhkn menarik ya..tp jgn bw kefanatikan masing2 agama dong…setiap agama mengajarkan kebaikan, whatever lah kalo emank msg2 puny perbedaan dlm religi it sndiri. Jd,perlu diingat, setiap kamu menjelekkan agama lain, bukankah dah nambah 1 dosa u phitungan agama loe msg2..think that
Jd, setuju bgt ma Gimblot, berpikirlah ttg pemerintahanny saja..doakan y d best 4 WORLD..Jd,akhr kt..GIMBLOT,blh knalan?he3..jgn serius2 kali buad smuana

20 01 2009
ismail

helooo kok sibuk semua kok jadi agama yang dipertanyakan woi kita mememang berbeda agama tapi tujuan kita sama memuliakan nama Tuhan bukan memuliakan nama obama

26 01 2009
linux_gombal

Asalamu alaikum
ngapain pikir agama,hidup kita aja belum bener, mending cari bagaimana obama bisa jadi presiden,apa tipsnya itu yang paling penting.agama itu hak individu manusia bukan maslah dia beragama apa,buat apa orang beragama kalau tindakannya menyimpang dari ajaran agama.yakin semua penganut agama masuk surga dengan tindakan yang jauh dari ajaran agama. itu yang mesti di pikirin,bangga dengan agama obama apa bukan bangga dengan apa yang telah obama berikan untuk umat manusia.

21 03 2009
Jaya

bagiku mo agama Muslim/Kristen ngapain diurusin dngkan negara kt aja blm terurus……….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: