Kebanggaan Nasional – Kekayaan Nasional

13 06 2008

Setelah ribut-ribut masalah ahmadiyah dan peristiwa monas yang meroketkan nama Munarman reda sekarang yang diributkan adalah privatisasi Krakatau Steel (KS) yang rencananya akan dilego ke Mittal raksasa baja dari negeri Amitabh Bachan India. Banyak kontroversi tentang privatisasi ini mulai dari kebimbangan pemerintah sampai ke persoalan harga yang pas buat KS serta desakan pihak oposisi di DPR yang menolak penjualan KS.

Nah Amerika Serikat sementara ini juga menghadapi masalah yang sama cuma perbedaannya mereka melihat dari sudut pandang kebanggaan negara mereka, saat ini ada 3 kebanggan nasional Amerika yang diincar oelh perusahaan dari negara asing yaitu :

1. CSX railroad yang diincar oleh perusahaan dari Inggris.

2. Budweiser yang diminati oleh Belgia Brewing Co.

3. Sears Tower (gedung tertinggi di US) yang ditawar oleh konsorsium dari Abu Dhabi

3 hal inilah yang menyita perhatian sebagian masyarakat Amerika saat ini, bagaimana CSX railroad yang mempunyai 21ribu mile rel kereta di 23 states dengan 33ribu karyawan bahkan sampai ke Ontario dan Quebec di Kanada ingin diambil alih oleh perusahaan Inggris. Sebetulnya rencana akuisisi ini hanyalah business as usual karena CSX merupakan perusahan publik yang bukan milik pemerintah federal US tapi karena merupakan perusahaan pelayanan intermoda terbesar di US maka CSX menjadi salah satu kebanggaan nasional.

Demikian juga yang terjadi dengan Budweiser, di US siapa yang tidak mengenal produk Budweiser mulai dari budweiser draught sampai ke Bud Lite yang ringan. Budweiser juga telah menjadi salah satu icon dari Amerika dan jika dijual ke perusahaan Belgia maka akan menjadi bir buatan Belgia ??? demikian juga dengan the Sears Tower yang berada di windy city Chicago yang telah menjadi landmark Amerika.

Hal seperti ini memang adalah business deal biasa tetapi karena menyangkut dengan simbol-simbol atau ciri khas suatu negara maka hal ini menjadi lebih dari suatu keputusan bisnis. Kembali ke privatisasi KS maka pemerintah jika memang tidak ingin memiliki pabrik baja – harusnya Indonesia punya karena kekayaan bijih besi (iron ore) banyak tersedia – dan lebih mendahulukan penambahan pundi-pundi negara maka penjualan KS adalah suatu yang normal tetapi karena KS merupakan satu-satunya pabrik Baja milik Indonesia maka yang terjadi adalah keprihatinan, ketidak mampuan atau ketidak mauan pemerintah untuk menambah modal dan memperbesar kapasitas KS adalah suatu hal yang menyebabkan KS akan dijual.

Sekarang bagaimana kita menyikapi hal ini apakah tetap menginginkan kekayaan nasional dengan mengorbankan kebanggaan kita atau sebaliknya ? Atau apakah ada win-win solution ?


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: