Resesi & Tingkat Pengangguran

8 02 2009

joblosses26091

Grafik di atas menunjukkan tingkat kehilangan pekerjaan (PHK) dan pemulihannya di US, garis biru menunjukkan tingkat pengangguran pada resesi tahun 1991, garis merah pada tahun 2001 sedangkan  garis hijau menggambarkan keadaan yang terjadi sekarang.
Nampak bahwa pemulihan dari resesi 1991 buth sekitar hampir 3 tahun sementara untuk resesi tahun 2001 butuh waktu sekitar 4 tahun dan untuk resesi yang terjadi sekarang belum ada tanda-tanda pemulihan.  Grafik ini merupakan presentasi dari kantor juru bicara gedung putih Nancy Pelosi yang diambil dari data
Bureau of Labor Statistics (BPS-nya US). Walau pemerintahan George W Bush telah berganti dengan Barrack Obama tidak langsung membuat perubahan yang berarti paket stimulus ekonomi yang bernilai 825 milliar dollar dalam 2 tahun .

Bagaimana dengan negara kita, Indonesia ? Indonesia jelas terkena dampak dari resesi ini ketika US terkena resesi maka masyarakatnya mulai berhemat dan ketika masyarakat di sana mulai berhemat dalam belanja pakaian, mebel, kendaraan dll maka seluruh pabrikan yang memproduksi barang-barang itu langsung terkena dampaknya termasuk yang berada di Indonesia. Banyak pabrik garmen yang mulai merumahkan karyawannya, pabrik mebel dan kerajinan yang kehilangan pesanan dan lain sebagainya.

Jika Obama menuliskan disaster recovery planning-nya dengan transparan, apa-apa yang ingin dilakukannya dengan paket stimulus 825 millar dollar yang dapat dilihat dalam website berikut http://useconomy.about.com/od/candidatesandtheeconomy/a/Obama_Stimulus.htm .

Maka seharusnya pemerintah kita juga sudah mempunyai program yang dirancang untuk memberikan rangsangan kepada dunia usaha agar dapat mempertahankan bisnisnya sehingga tingkat pengangguran bisa dikurangi. Sementara untuk masyarakat harus ada program untuk meningkatkan ketahanan sosial dalam bentuk jaminan kesehatan dan jaringan pengaman sosial bagi yang kehilangan pekerjaan seperti pemberian latihan kerja, program padat karya dan lain-lain. Diharapkan program pemerintah ini jangan yang bersifat sekedar populis untuk kepentingan pemilu 2009 dan harus benar-benar terencana agar supaya walaupun pemerintahan berganti program untuk rakyat tetap berlanjut.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: