Pemilu 2009

20 03 2009

Sekarang kita sudah memasuki tahapan kampanya pemilu dengan metode rapat umum dan pengerahan massa setelah dari tahun lalu kita memasuki tahapan kampanye sosialisasi lewat media baik cetak dan elektronik tetapi sampai sekarang pun masih banyak di antara kita yang belum tahu bagaimana sih metode perhitungan suara sampai nantinya seseorang dapat menjadi wakil rakyat wakil dari kita dan duduk di DPR, DPRD 1 ataupun DPRD 2. Beberapa waktu lalu teman saya sempat termakan isu yang mengatakan bahwa dengan tidak memilih (golput) akan menguntungkan partai politik besar, hal ini tidaklah benar karena walaupun kursi DPR yang diperebutkan untuk suatu propinsi tergantung dari jumlah penduduk propinsi tersebut tetapi perolehan kursi tersebut ditetapkan dengan menghitung jumlah suara yang sah jadi suara yang tidak sah apalagi golput tidak akan diperhitungkan sehingga memilih untuk menjadi golput tidak akan menguntungkan pihak manapun. Perhitungan suara untuk menentukan perolehan kursi DPR dimulai dengan tahapan sebagai berikut :

  1. Menghitung suara sah dari pemilu di suatu propinsi, jika suatu parpol total jumlah suara sahnya secara nasional berada di bawah 2,5 % jumlah suara sah nasional maka suara sah dari parpol tersebut tidak akan diperhitungkan dalam perhitungan perolehan kursi DPR. Pelajaran dari hal tersebut di atas adalah jika anda memilih secara sembarangan dan memilih parpol yang secara logika tidak akan memperoleh suara lebih besar dari 2,5 % suara nasional maka sama saja dengan membuang-buang waktu lebih baik anda tidak usah memilih alias golput.
  2. Setelah itu jumlah suara sah tersebut (poin 1) diperoleh maka jumlah suara sah tersebut dibagi dengan jumlah kursi DPR untuk propinsi tersebut untuk memperoleh apa yang disebut BPP DPR (Bilangan Pembagi Pemilihan DPR). BPP DPR ini gunanya untuk menentukan jumlah perolehan kursi parpol peserta pemilu. Misalnya dalam daerah pemilihan DKI 2 yang memperoleh jatah kursi DPR sebanyak 7 buah maka maka jika terdapat jumlah suara sah sebesar 2,1 juta BPP DPR untuk dapil DKI 2 adalah 2,1 juta / 7 = 300.000.
  3. Setelah BPP DPR didapat, maka untuk menentukan jumlah kursi yang didapat suatu parpol dilakukan pembagian jumlah suara parpol tersebut dengan BPP DPR. Misalnya parpol A di dapil DKI 2 memperoleh suara 900.000 maka jumlah kursi yang diperoleh adalah 900.000 / 300.000 = 3. Jadi parpol A akan memperoleh 3 kursi DPR, jika parpol B memperoleh suara 300.000 maka parpol B ini akan mendapat jatah 1 kursi DPR dan hal ini dilakukan sampai semua kursi DPR untuk dapil ini ( 7 kursi) habis terbagi.
  4. Untuk menentukan siapa yang berhak duduk di senayan maka dari daftar caleg suatu parpol , misalnya parpol A pada dapil DKI 2 dilakukan dengan melihat caleg yang memperoleh suara terbanyak dari daftar caleg parpol A dan karena parpol A memperoleh 3 kursi maka yang masuk ke senayan (DPR) adala 3 caleg yang mempunyai suara terbanyak.

Jadi begitulah sistem pemilu kita yang akan diadakan pada tanggal 9 April 2009 dan saya menganjurkan anda untuk memilih dan tidak golput tetapi jika anda ingin melaksanakan pilihan ada pilihlah dengan bijaksana. Selamat memilih.


Actions

Information

2 responses

21 03 2009
Pedy

Sungguh naif mereka haramkan golput dengan dalih agama:

Top 10 Alasan Sesat Wajibnya Pemilu

28 03 2009
dir88gun

assalamu alaikum wr. wb.

Permisi, saya mau numpang posting (^_^)

http://ulamasunnah.wordpress.com/2008/06/03/menggugat-demokrasi-daftar-isi/
http://hizbut-tahrir.or.id/2009/03/17/demokrasi-bukan-jalan-perubahan-hakiki/

Sudah saatnya kita ganti sistem,
untuk masa depan umat yang lebih baik!
semoga link di atas bisa menjadi salah satu rujukan…

Terima kasih atas perhatian dan kerja samanya.
Mohon maaf kalau ada perkataan yang kurang berkenan. (-_-)

wassalamu alaikum wr. wb.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: