Politic 101 (Part 1)

18 10 2009

Tiap org mempunyai masalahnya masing-masing sehingga semua orang berjuang menyelesaikan masalahnya, apakah itu masalah keuangan, karir bahkan percintaan. Ada begitu banyak masalah yg sama tetapi yang membedakan adalah cara penyelesaian masalah yang ditempuh masing-masing orang. Dari tiap tindakan inilah seseorang dinilai oleh orang lain. Orang lain tidak menilai berdasarkan masalah yang dihadapi karena dalam kehidupan masalah akan datang silih berganti.

Kehidupan adalah rangkaian dari pilihan tindakan seseorang, tindakan ini berakibat pada masa depan orang ini serta bisa berpengaruh pada juga pada orang lain di sekitarnya. Pengaruh tindakan seseorang terhadap orang lain dapat terjadi karena adanya hubungan sosial – keluarga, persahabatan, cinta etc – dapat juga terjadi adanya hubungan dalam kegiatan ekonomi.

Jika seseorang dinilai oleh org lain bertindak dgn benar dan berhasil menyelesaikan masalahnya maka biasanya seseorang ini akan diberi kepecayaan oleh orang lain untuk membantu menyelesaikan mslh orang tersebut. Makin besar skala masalah dan luasnya komunitas orang yang dibantu penyelesaian masalahnya akan membawa orang itu ke posisi dimana ia menjadi seseorang yg berpengaruh dan dihormati. Jika sampai suatu saat orang ini dipercaya oleh komunitasnya untuk menyelesaikan masalah seseorang serta berhak menilai bahwa sesuatu yg terjadi dalam komunitas tersebut adalah masalah dan harus diselesaikan maka orang ini telah sampai kepada apa yg disebut berkuasa atau dengan kata lain hubungan dengan komunitas tersebut bukan lagi hubungan yang setara tetapi telah menjadi hubungan  yang berdasarkan kekuasaan dan disinilah kata politik muncul.

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: